SAMBUTAN REKTOR DALAM WISUDA SARJANA & MAGISTER XLI IAIN STS JAMBI

ASSALAMU’ALAIKUM WR. WB..

 

altPertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Ilahi Rabbi, yang telah memberikan kasih dan sayang-Nya pada kita semua, dan khususnya pada Institusi yang sama-sama kita cintai IAIN Sulthan Thaha saifuddin jambi, yang kepercayaan masyarakatnya tidak pernah pudar, komunitas akademik di dalamnya sudah kembali bersatu menyongsong masa depan yang jauh lebih baik dari hari ini. Berikutnya, kami atas nama pimpinan IAIN STS Jambi mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan dan wisudawati, yang telah menyelesaikan studi di fakultas dan program studinya, mudah-mudahan sukses dalam profesi dan karir, memperoleh kepercayaan masyarakat, dan

senantiasa dapat memenuhi harapan mereka, baik dalam masalah sosial, ekonomi dan apalagi dalam masalah keagamaan. Segeralah saudara beradaptasi dengan pekerjaan yang akan saudara-saudara akan pilih dan lapangan profesi yang akan saudara masuki. Saudara-saudara boleh berfikir linier inbox thinking, dan lebih diharapkan lagi saudara mampu memperlihatkan kemampuan critical thinking yang hebat, sebagai ciri umum alumni IAIN di Indonesia, sehingga akan menjadi bagian yang mampu menggerakkan inovasi dan kemajuan-kemajuan di masyarakat.

 

Para wisudawan dan wisudawati yang saya berbahagia , serta hadirin sekalian yang saya hormati…

Dalam usianya yang sudah 44 tahun, sejak berdiri di tahun 1967 yang lalu, IAIN Sultan Thaha Saifuddin jambi, tidak muda lagi, dan sudah berkembang menjadi Insitutusi yang semakin dewasa. Institusi yang menjadi kebanggaan masyarakat Jambi, dan kebanggan umat islam Indonesia ini, kini memiliki 25 program studi S-1 dengan jumlah mahasiswa sekitar 5803 orang, serta 640 mahasiswa Program Pascasarjana pada jenjang S-2. Semua mahasiswa tersebut, baik pada jenjang S-1 maupun S-2 dilayani oleh 262 orang dosen, dengan komposisi pendidikaan 10 orang Doktor berpangkat Guru Besar, Doktor 24 orang, sebanyak 191 orang berpenidikan magister, sebahagian dari mereka sekarang sedang mengambil program doctor di dalam dan luar negeri, dan masih tersisa sebanyak 37 orang berpendidikan S-1, 30 orang di anataranya sedang mengambil pendidikan S-2 untuk memenuhi kualifikasi minimal sebagai seorang dosen. Dengan demikian, dilihat dari komposisi SDM-nya IAIN STS Jambi cukup ekspektatif, dan akan mampu bersaing ke depan, jika kita semua, dosen, karyawan, mahasiswa dan orangt tua memiliki tekad dan niat yang sama untuk mencapai visi institusi menjadikan IAIN STS Jambi sebagai pusat keunggulan dan kebanggan masyarakat yang mengutamakan kualitas serta amanah dalam mengabdi. Untuk itu, maka IAIN kini bertekad untuk meningkatkan produktifitas akademik dosen, peningkatan kualitas layanan akademik terhadap para mahasiswa, serta pengelolaan manajemen kampus yang sesuai dengan stndar-standar pengelolaan Perguruan Tingi.

Sejalan dengan visi tersebut, maka ada tiga program strategis yang akan dikembangkan oleh IAIN STS dalam dua tahun ini, yakni, penguatan institusi, peningkatan produktifitas akademik, dan peningkatan kualitas layanan.

Para wisudawan dan wisudawati yang berbahagia, serta hadirin sekalian yang saya hormati.

Penguatan institusi (institutional strengthening) di IAIN STS Jambi, merupakan salah satu yang sangat mendesak saat ini untuk semua fakultas dan juga Program Pascasarjana, karena banyak program studi yang belum terakreditasi, dan yang sudah terakreditasi belum mencapai peringkat yang memuaskan. Oleh sebab itu, upaya-upaya yang akan dilakukan dan sudah dibahas dalam pertemuan-pertemuan senat Institut adalah sebagai berikut.

  1. Segera menyelesaikan persoalan perpanjangan izin penyelengaraana program studi, karena izin penyelenggaraan merupakan persyaratan untuk akreditasi.
  2. Akselarasi pengajuan akreditasi. Program akreditasi ini akan menjadi prioritas kami, dan akan selesai serta harus selesai menjelang tangal 2 Mei 2012. Oleh sebab itu, pada semester ke-2 tahun 2011 ini akan dilakukan pendampingan kepada seluruh program studi untuk menyiapkan pengajuan akreditasi ke Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), sehingga laporan yang kita sampaikan sesuai dengan standar yang sudah dikeluarkan oleh BSNP dan atau Direktorat Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional.
  3. Program Pascasarjana sudah memiliki pengalaman yang sangat signifikan, serta didukung SDM yang sangat kuat dengan 34 orang Doktor, dan 10 di antaranya sudah berpangkat Guru Besar. Oleh sebab itu, sudah boleh berfikir untuk mempersiapkan penyelenggaraan S-3, hanya saja peringkat akreditasi pada jenjang S-2 dituntut minimal B. Oleh sebab itu, Program pascasarjana akan didorong untuk penyiapan reakreditasi untuk memperoleh peringkat terbaik, agar bisa menyelenggarakan program yang lebih besar, dan peringkat akreditasi merupakan persyaratan eligibility yang tidak bisa dihindari.
  4. Untuk kepentingan ini semua, kita akan terus meningkatkan kekuatan SDM dosen, dengan mengirim para dosen untuk mengambil program S-3, dan mendorong mereka untuk tidak ragu-ragu mengambil kepangkatan Guru Besar.
  5. Bersamaan dengan itu, aspek-aspek lain dalam penyelenggaraan pendidikan, seperti kurikulum dan sarana, merupakan hal-hal esensial untuk terus dievaluasi dan dikembangkan.

Para wisudawan dan wisudawati yang berbahagia, dan hadirin sekalian yang saya hormati.

Langkah strategis berikutnya yang juga akan menjadi prioritas adalah peningkatan produktifitas akademik dosen. Setiap Guru Besar dalam setiap tiga tahun harus melahirkan minimal satu buah buku. Dengan demikian, setidaknya setiap tahun akan lahir 5 buku dari para Guru Besar IAIN STS Jambi. Dan dalam lima tahun ke depan atau di tahun 2015 yang akan datang, kita sudah akan memiliki 25 buku karya para Guru Besar, dan belum dengan karya-karya 24 orang Doktor lainnya yang masih berpangkat akademik Lektor kepala atau lector, yang juga memiliki kewajiban beban kerja yang sama. Jika para doctor tersebut konsisten melaksanakan kewajiban mandatory-nya menulis buku, maka akan terbit minimal 8 buku setiap tahun dari mereka, dan dalaam lima tahun terakhir akan lahir sebanyak 40 buah buku baru dari tangan para akademisi IAIN STS Jambi. Jika para dosen memperlihatkan produktifitas akademiknya dengan melahirkan karya-karya buku, Insya Allah ekspektasi masyarakat terhadap IAIN kita akan semakin meningkat. Demikian pula dengan karya-karya tulisan dalam bentuk jurnal, laporan penelitian serta makalah-makalah seminar. Semakin banyak karya tulis dosen terpublikasikan, saya yakin dan percayaa, kepercayaan masyarakat akan meningkat, dan ekspektasi akan terus kuat dan menunjukkan grafik kenaikan setiap tahun.

Bersamaan dengan itu, kita akan mencoba menata sistem layanan akademik yang holistic dan komprehensif, dari mulai peningkatan kualitas proses perkuliahan, penyiapan sarana sumber belajar, dan komitmen serta integritas semua masyarakat akademis kampus IAIN STS untuk menjadikan kampus ini sebagai pusat kegiatan keilmuan. Kampus hidup sepanjang hari dengan berbagai aktifitas akademik, tutorial, mentoring, diskusi dan sebangsanya, ditopang oleh layanan perpustakaan, tidak saja koleksi bukunya yang memberikan fasilitas mahasiswa akses informasi secara dinamis, tapi juga durasi layanan yang rasional. Dan bahkan ICT yang saat ini pemanfaatannya masih sangat minimal, akan kita coba untuk dikembangkan ke depan menjadi sumber belajar bagai para mahasiswa, serta media komunikasi antara mahasiswa dengan dosennya.

Inilah berbagai agenda strategis yang sudah kami coba bahas dalam dua kali persidangan dalam senat Institut, dan untuk itu, kami akan memberdayakan komisi-komisi senat, yakni komisi akademik untuk mencoba merumuskan wacana-wacana tadi menjadi sebuah kebijakan yang bisa dijadikan rujukan oleh semua fakultas dan jurusan. Demikian pula, dengan komisi keuangan yang akan diminta untuk mencoba mengembangkan kebijakan-kebijakan regulatif tentang proporsi anggaran, untuk dijadikan bahan rujukan oleh Biro dan taf-staf di bawahnya, sehingga mereka memilki kekuatan ketika negosiasi anggaran di kementrian Agama di Jakarta. Sementara komisi kemahasiswaan, kami minta untuk menyusun regulasi tentang pembinaan minat dan bahkan para mahasiswa, agar linier dengan kepentingan akademik, untuk memperkuat profesionalisme mereka serta mempersiapkan kemampuan critical thinking mereka, sehingga bisa lebih siap untuk menghadapi berbagai persoalan di kehidupan nyata di masyarakat.

Para wisudawan dan wisudawati yang berbahagia, serta hadirin sekalian yang dirahmati Allah.

IAIN STS Jambi merupakan salah satu dari lima institusi pendidikan tinggi di Indonesia yang memiliki ma’had al-jami’ah. Inilah tempat yang sangat strategis untuk mempersiapkan mereka menjadi para ahli agama, yang tidak saja cerdas dalam kemampuan intelektulitasnya, mampu membahas dan menyelesaikan masalah-masalah keagamaan di masyarakat, tapi juga memiliki kecerdasan emosional yang baik melalui interaksi sosial yang lebih intens antara mahasiswa dengan mahasiswa, serta antara mahasiswa dengan para dosen. Bahkan mereka dibawa dalam kajian lintas disiplin sehingga akan mampu mengembangkan kemampuannya dalam menghormati dan mengapresiasi keragaman dan perbedaan.

Mudah-mudahan wisuda ke-41, yang diselenggarakan pada tanggal 30 Juni ini menjadi momentum bagi kita semua masyarakat akademis kampus STS, untuk kembali bangkit dan menata hari esok yang lebih baik, dengan berbekal dan modal-modal nyata yang kita miliki hari ini.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


Pgs Rektor

ttd

Prof. Dr. Dede Rosyada, MA

 

(Foto;aziz)

Additional information