Sistem Administrasi Akademik

PENERIMAAN MAHASISWA BARU
1.    Penerimaan mahasiswa baru IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi diatur dengan persyaratan umum sebagai berikut:
1.1.    Memiliki Ijazah Madrasah Aliyah Negeri atau Swasta yang disamakan, SMU, Paket C atau Sederajat
1.2.    Beragama Islam.
1.3.    Mengisi Formulir Pendaftaran yang telah disiapkan oleh  panitia
1.4.    Warga Negara Indonesia (WNI); atau Warga Negara Asing (WNA) yang telah memenuhi syarat sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
1.5.    Membayar pendaftaran sebesar Rp. 150.000,- (Seratus Lima Puluh Ribu Rupiah) di Bank Syari’ah Mandiri (BSM).
1.6.    Pas photo warna ukuran 3x4 sebanyak 2 (dua) lembar dan 2x3 sebanyak 1 (satu) lembar.
1.7.    Stop map folio 1


2.    Seleksi mahasiswa undangan, minat dan bakat serta  berprestasi
2.1.    Seleksi Mahasiswa Minat dan Bakat
.- Bidang Olahraga dan Kesenian
- Dibuktikan dengan Sertifikat / Piagam Tingkat Propinsi / Nasional
2.2.    Seleksi Mahasiswa Prestasi
- Bidang MTQ (Juara I, II, III tingkat Propinsi / Nasional dan juara I tingkat Kabupaten / Kota)
- Pidato tingkat Propinsi / Nasional
- Dibuktikan dengan sertifikat / piagam
2.3.    Seleksi Mahasiswa Model Khusus
- Bidang Bahasa (B. Inggris, B. Arab, B. Jepang, B. Mandarin, B. Jerman)
- Dibuktikan dengan sertifikat / piagam standar TOEFL / TOAFL minimal 450 setara
2.4.    Mahasiswa Undangan
- Rangking 1 s/d 10 bagi lulusan (MAN/MAS/SMUN/SMUS/SMKN/SMKS) dibuktikan dengan surat keterangan rangking dari Kepala Sekolah
- Fotocopy raport kelas XII semester I dan II yang dilegalisir

3.     Materi Test
3.1    Materi tertulis
- Ilmu Pengetahuan Agama Islam (Aqidah, Hadits, Tafsir, Hadits, Fiqih, dan Sejarah Islam)
- Ilmu Pengetahuan Umum (Pancasila, UUD 1945, GBHN, Sejarah Nasional dan Dunia dan Ilmu  Kejuruan bagi yang memilih Program Tadris     - Ilmu Pengetahuan Bahasa ( Bahasa Arab, Bahasa Inggeris dan Bahasa Indonesia )
3.2    Test Lisan ( Pengetahuan Agama Praktis dan Kemampuan membaca kitab suci Al-Qur’an)
3.3    Bagi Calon Mahasiswa Reguler diharuskan mengikuti tes tertulis dan tes lisan
3.4    Bagi Calon Mahasiswa  undangan, minat dan bakat serta berprestasi hanya mengikuti tes lisan

4.    Program Ekstensi
Bagi tamatan Program Diploma Dua (GA dan GK)  Sarjana Muda dan umum yang akan melanjutkan kuliahnya ke jenjang S.1, diberi kesempatan mengikuti Program Ekstensi dengan persyaratan sebagai berikut:
Memiliki Ijazah/ STTB Diploma Dua (D.2)  Sarjana Muda, SLTA sederajat.
IP minimal 2,5 (D2 dan Sarjana Muda).
Program S.1 yang dipilih sesuai dengan program sebelumnya.

BIAYA PENDIDIKAN DAN PEMBAYARAN SPP
Semua mahasiswa diwajibkan membayar SPP pada awal setiap semester dengan ketentuan sebagai berikut:
1.    Syarat
Membawa nomor test yang asli (bagi mahasiswa baru).
Membawa kartu mahasiswa asli bagi yang mahasiswa lama.
2.    Prosedur
Mengambil blangko SPP pada bendaharawan SPP IAIN STS Jambi.
Membayar SPP pada bank BSM (Bank Syariah Mandiri) Cabang Jambi dengan nomor rekening 0350092901.
Bagi mahasiswa yang belum membayar SPP sesuai dengan jadwal yang ditetapkan, diberikan kesempatan untuk membayar SPP pada waktu yang akan ditetapkan kemudian oleh IAIN, dengan membayar dendanya.
3.    Mahasiswa yang telah menyelesaikan semua program, dan tinggal menunggu ujian munaqasah Dibebaskan pembayaran uang SPP.
4.    Jumlah SPP dan biaya lainnya ditetapkan berdasrkan peraturan yang berlaku.

PERPINDAHAN MAHASISWA
1.     Antar Jurusan/ Program dengan syarat:
Mengajukan permohonan kepada Dekan yang diketahui oleh Dosen Pembimbing Akademik dan Ketua Jurusan, disertai:
1.1.1.    Alasan permohonan.
1.1.2.    Surat persetujuan Ketua Jurusan yang bersangkutan.
1.1.3.    Photo copy Kartu Mahasiswa.
1.1.4.    Photo copy bukti pembayaran SPP semester berjalan.
Surat Keterangan Bebas Narkoba.
Memenuhi ketentuan lain yang diatur oleh Fakultas.
2.     Antar Fakultas, dengan syarat:
Mengajukan permohonan kepada Rektor, disertai;
2.1.1.    Alasan permohonan.
2.1.2.    Surat Persetujuan Dekan Fakultas asal.
2.1.3.    Photo copy Kartu Mahasiswa.
2.1.4.    Photo copy bukti pembayaran SPP semester berjalan.
Maksimal berada pada semester IV.
Tidak pindah ke Fakultas Tarbiyah.
Memenuhi ketentuan yang diatur oleh Fakultas.
3.    Dari Luar IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Mengajukan Permohonan kepada Rektor.
Surat Pindah dari tempat kuliah asal (Perguruan Tinggi yang terakreditasi).
IPK minimal 2,75 dengan menunjukkan KHS yang asli.
Pindah ke fakultas dan jurusan yang sama.
Minimal telah menyelesaikan semester satu dan maksimal semester empat pada Perguruan Tinggi asal.
Surat keterangan berkelakuan baik dari Kepolisian.
Surat keterangan berbadan sehat dari Rumah Sakit dan Bebas Narkoba.
4.    Pindah dari IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi ke Perguruan Tinggi lain
Mengajukan permohonan kepada Rektor.
Minimal telah menyelesaikan semester satu dan dua.
Melampirkan tanda lunas SPP.
Melampirkan kartu mahasiswa.
Bebas Pustaka IAIN dan Perpustakaan Wilayah Jambi.
Menyesuaikan dengan aturan yang berlaku pada PT yang dituju.

REGISTRASI
Pada awal semester seluruh mahasiswa wajib mendaftar ulang dengan ketentuan:
1.    Mahasiswa Baru.
1.1.    Membawa nomor test yang asli.
1.2.    Bukti pembayaran SPP yang asli.
1.3.    Mengisi formulir yang telah disediakan oleh pihak akademik.
1.4.    Menyerahkan pas photo berwarna ukuran 2 x 3cm dan 4 x3 cm yang masing-masing 2 lembar.
1.5.    Photo copy Ijazah terakhir.
1.6.    Surat keterangan Berkelakuan Baik dari Kepolisian.
1.7.    Surat Keterangan Berbadan Sehat dan Bebas Narkoba dari Klinik Sulthan.
1.8.    Pendaftaran dilakukan pada bagian Akademik dan kemahasiswaan c.q. Sub Bagian Registrasi sesuai dengan kalender akademik, dan kepada mahasiswa yang bersangkutan diberi tanda bukti registrasi sebagai syarat pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) di fakultas. Bagi yang terlambat daftar ulang dikenakan denda sesuai dengan aturan yang berlaku pada saat itu.


2.    Mahasiswa Lama.
2.1.    Membawa kartu mahasiswa yang asli untuk distempel.
2.2.    Menyerahkan bukti pembayaran SPP yang asli.
2.3.    Pendaftaran dilakukan pada bagian Akademik Kemahasiswaan c.q. Sub Bagian Registrasi sesuai dengan kalender akademik, dan kepada mahasiswa yang bersangkutan diberi tanda bukti registrasi sebagai syarat pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) di fakultas. Bagi yang terlambat daftar ulang dikenakan denda sesuai dengan aturan yang berlaku pada saat itu.

CUTI KULIAH (STOP OUT)
Setiap mahasiswa dapat mengajukan cuti, yaitu pengunduran diri sementara dari kegiatan akademik dengan ketentuan sebagai berikut:
1.    Sudah menempuh kuliah sekurang-kurangnya dua semester.
2.    Masa cuti kuliah hanya diberikan dua semester selama studi dan dapat dilakukan perpanjangan bila diperlukan.
3.    Masa cuti kuliah tidak diperhitungkan dalam studi komulatif.
4.    Permohonan cuti kuliah (stop out) diajukan kepada Dekan setelah mendapat persetujuan dari Pembimbing Akademik dan Ketua Jurusan.
5.    Surat Keputusan Cuti Kuliah (Stop Out) dikeluarkan oleh Dekan, disampaikan kepada yang bersangkutan, dengan tembusan kepada Rektor dan Bendahara SPP.
6.    Cuti Kuliah (Stop Out) diajukan selambat-lambatnya satu bulan sebelum masa pembayaran SPP semester berikutnya.
7.    Cuti Kuliah tidak dapat diberikan kepada mahasiswa yang tidak melakukan registrasi pada semester tersebut.
8.    Mahasiswa yang mengambil Cuti Kuliah (Stop Out) tidak berhak mengikuti kuliah dan kegiatan atas nama mahasiswa IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
9.    Mahasiswa yang Cuti Kuliah bebas dari pembayaran SPP.

PUTUS KULIAH (DROP OUT)
1.    Bagi mahasiswa yang pada akhir semester IV mendapat IP Kumulatif dibawah 2 diperkenankan memperbaiki nilai dalam waktu satu tahun (dua semester).
2.    Dalam semester berikutnya mahasiswa yang bersangkutan hanya diberi kesempatan memperbaiki nilai semester I s/d IV.
3.    Jika IPK nya masih kurang dari 2, maka yang bersangkutan tidak diperkenankan mengikuti program semester berikutnya dan dinyatakan Drop Out.
4.    Drop Out juga diberlakukan bagi mahasiswa yang tidak mampu menyelesaikan Program S1 dengan beban studi sampai 150 SKS dalam jangka waktu maksimal XIV semester.
5.    Mahasiswa semester XIV yang telah menyelesaikan seluruh tugas akademik dan beban program studinya kecuali skripsi, dapat mengajukan perpanjangan masa studi maksimal satu semester kepada Rektor, setelah mendapat persetujuan dari Dekan Fakultas.
6.    Mahasiswa yang tidak dapat menyelesaikan studinya dalam batas waktu maksimal selambat lambatnya satu bulan sebelum habis masa studinya diusulkan oleh Dekan Fakultas kepada Rektor untuk diproses dan dikeluarkan Surat Keputusan Drop Out.

PENGHARGAAN
Bagi mahasiswa yang berprestasi atau mempunyai Indek Prestasi (IP) tertinggi diberi penghargaan sebagai berikut :
1.    Diusulkan untuk memperoleh beasiswa .
2.    Diusulkan untuk menerima piagam atau penghargaan dari Rektor.
3.    Dapat diusulkan untuk menjadi Dosen Luar Biasa (DLB).

SANKSI
1.    Bagi Mahasiswa yang tidak membayar SPP tepat pada waktunya, dikenakan sanksi sebagai berikut:
1.1.    Mahasiswa yang tidak terdaftar pada semester yang bersangkutan, maka haknya sebagai mahasiswa hilang sampai ia mendaftar kembali.
1.2.    Mahasiswa yang tidak membayar SPP pada waktu yang telah ditetapkan oleh kalender akademik dikenakan denda sebesar 20% dari total SPP yang harus dibayar, yang disetorkan bersama-sama dengan SPP yang belum dibayar melalui rekening Rektor IAIN pada Bank BSM (Bank Syariah Mandiri) cabang Jambi dengan Nomor 0350092901.
2.    Sanksi dapat dikenakan pada mahasiswa yang tidak memenuhi ketentuan-ketentuan sebagai berikut:
2.1.    Mahasiswa yang melanggar ketentuan yang normatif dapat dikenakan: teguran, peringatan, skorsing dalam jangka waktu tertentu, atau dicabut haknya sebagai Mahasiswa IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
2.2.    Apabila mahasiswa telah mengalami skorsing (Pengeluaran Sementara), yang bersangkutan harus mengajukan permohonan untuk mendaftar kembali sebagai mahasiswa IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Skorsing ditetapkan dengan Surat Keputusan Rektor atas Usul dari Dekan Fakultas.
2.3.    Mahasiswa yang memperoleh IP kurang dari 2, mendapat teguran dari dosen Pembimbing Akademik atau Dekan Fakultas.
2.4.    Mahasiswa yang terlambat melakukan registrasi tidak berhak memperoleh pelayanan akademik maupun administratif, dan bagi mahasiswa yang tidak merencanakan/ mengajukan program studi pada masa yang telah ditentukan, tidak berhak mengikuti kuliah. Apabila mahasiswa yang bersangkutan mengikuti ujian, nilainya tidak diakui.
2.5.    Mahasiswa yang kuliahnya kurang dari 75% dari kehadiran Dosen dalam satu semester, tidak berhak mengikuti ujian untuk mata kuliah yang bersangkutan. Bagi mahasiswa yang tidak melakukan tugas terstruktur dan mandiri dapat berakibat penundaan atau pembatalan nilai yang diperolehnya dari dosen yang bersangkutan.
2.6.    Dosen tetap yang tidak memenuhi target perkuliahan dikenakan sanksi oleh Rektor yang  bersangkutan sesuai aturan kepegawaian yang berlaku, sedangkan dosen tidak tetap yang tidak memenuhi target perkuliahan akan dibebastugaskan dari tugas mengajarnya.
2.7.    Sanksi lainnya diatur secara tersendiri.

WISUDA DAN DIES NATALIS
1.    Wisuda Sarjana
Persyaratan mengikuti wisuda sarjana sebagai berikut:
a.    Menyerahkan bukti lulus Ujian Munaqasyah dari Fakultas dan Pascasarjana.
b.    Melunasi biaya wisuda untuk biaya pengadaan toga, perlengkapan wisuda, dan pelaksanaan wisuda.
c.    Mengisi formulir pendaftaran wisuda pada bagian Akademik dan Kemahasiswaan IAIN.
d.    Mengikuti prosesi pra wisuda.
2.    Dies Natalis.
Dies Natalis adalah peringatan hari jadi IAIN yang jatuh pada tanggal 8 september dan perayaannya dilaksanakan bersama dengan acara wisuda sarjana yang ditandai dengan orasi ilmiah.

IJAZAH DAN SERTIFIKAT
Untuk pengambilan Ijazah atau Sertifikat ditetapkan beberapa persyaratan sebagai berikut:
1.    Keterangan bebas pustaka dari Perpustakaan IAIN dan Wilayah.
2.    Bukti penyerahan skripsi/ tesis bagi Program S1dan S2.
3.    Menyerahkan bukti pembayaran wisuda.
4.    Menyerahkan 1 exemplar buku sumbangan yang sesuai dengan kebutuhan jurusan melalui Ketua Jurusan untuk seterusnya diserahkan ke perpustakaan IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Additional information